Kamis, 28 Juli 2011

Pulau Umang & Pulau Oar - Perjalanan Tanpa Rencana



Akhir Februari 2011, Jumat malem awal pindah ke Serang, aku sm ika (temen sekantor sekaligus temen sekost) makan bakso di deket Bank Indonesia, daerah Benggala, sekitar alun2 Serang... Sambil ngobrol tiba2 aku bilang "ke Pulau Umang yok besok!" ika bilang "ya udah", trus kami telpon si Keke (temen sekamar) ngajakin dia.. Dia jg oke2 aja.. Rencananya kami mau naek angkutan umum ke Pulau Umang, dapet info dr orang Pemkot Serang kalo ada angkutan umum ke sana, naek Elf jurusan ke Cibaliung atau Sumur..

Pagi2 kami bkrt krn katanya perjalanannya jauh, 4-5 jam dr Serang.. Rencananya ga nginep, cuma liat2 doang trus pulang. Mobil kutarok di kantor, trus kami beli camilan di Alfa Mart deket kantor sambil nungguin si Elf. GA lama nunggu, akhirnya kami dpt tuh angkutan, dengan senang hati kami naek.. Ongkosnya 30rb sampe Desa Sumur.


Di Elf kami baru tau kalo ga ada angkutan ke Serang setelah jam 1 siang, krn Damri dan Elf ke Serang terakhir jam 1... Bearti tanpa rencana, kami harus nginep di sana, untung bawa baju ganti.

Desa sumur ternyata jauuuuuuh bgt, lebih terasa jauh krn naek angkutan umum yg berenti2 nyari penumpang. Udah mati gaya di Elf, tidur ga nyenyak karena banyak ngelewatin jalan jelek. Sepanjang perjalanan ke Sumur, elf ngangkut semua penumpang, ampe penuh sesak, ampe anak2 SD duduk di atep, ampe bebek, ayam, & pupuk juga ada di dalem elf. Baunya, luar biasa! hahahahahha Oia Elf yg kami naeki ternyata ga sampe sumur, cm sampe pasar panimbang, kami disuruh nyambung elf laen yg ke sumur. Gpplah sekalian numpang pipis di masjid di Pasar Panimbang.

Di jalan kami jg mikirin tempat nginep, bingung mau nginep dmn. Kami telpon manajemen pulau umang, mereka ada cottage kosong, tp harganya mahaaaaal.. Kalo ga salah, nginep 2 hari 1 malem utk bertiga sekitar 1,8 juta! males bgt (ngeluarin duitnya hehehehhe). Tp kami tetep mau ke umang walaopun ga nginep di cottage. Hasil tanya2 sm kenek elf kami tau kl di desa sumur ada penginepan.. Alhamdulillah



Nyampe sumur sekitar jam 1 kurang, kami brkt dr kos jam 7, dpt Elf hampir jam 8, hampir 5 jam duduk di elf.. Kami dianter oleh penduduk ke Wisma Sarang Badak punya Pak Edi. Harga kamar di Wisma Sarang Badak termasuk murah, aku lupa ratenya, tp sekitar 100rb per kamar.. Cerita punya cerita, ternyata Pak Edi ada paket wisata ke Pulau sekitar situ, termasuk Pulau Oar, dengan harga terjangkau.. Alhamdulillah :D Oiya ini nomor Telpon Pak Edi, yang punya Wisma Sarang Badak: +6281399165205

Hasil ngobrol2 sm Pak Edi, kami tau kl Pulau Umang ternyata milik pribadi, org ga bs dengan bebas pake fasilitas atau sekedar berkunjung di sana, termasuk penduduk sekitar. Akses masuk pulau terbatas, kita harus ngubungin pihak manajemen pulau umang utk bs masuk ke sana.

Abis makan siang, kami siap2 ke Umang, krn sdh ditunggu sama manajemen Pulau Umang. Kalo bagi yg ga nginep di cottage milik Pulau Umang, manajemen ada paket liat2 sekitar pulau, 1 orang 100rb, pdhl cm dikasih softdrink & jalan2 liat2 pulau.. gpp deh yg penting dah foto2 di sana :p. Fasilitas di Pulau Umang emg bagus, mereka punya banyak cottage, sebagian cukup terawat, walopun sebagian lainnya keliatannya ga terlalu terawat. Pulau Umang cocok utk HoneyMoon, kalo utk para backpacker ini terlalu mahal. Fyi kl dari dermaga ke pulau umang cm skitar 15 menit, pulaunya keliatan dr pinggir dermaga..

Setelah liat2 pulau umang, kami sama ke Pulau Oar, cm skitar 15 menit naek perahu dr Pulau Umang. Pemilik Pulau Umang & Pulau Oar adalah orang yang sama. Beda dengan umang yg full fasilitas, Pulau Oar adlh pulau tak berpenghuni, cm ada saung2 di pinggir pantai yg disediakan manajemen pulau umang. Di Pulau Oar kami snorkeling di pinggir pantai, berenang2, trus makan kelapa muda.. Mendekati sunset kami balik ke wisma..


Besok pagi, setelah sarapan kami balik ke Serang naek elf lagi..Begitulah ceritanya.
Cukup Sekian

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mbake mau tanya dong. naik elf nya di daerah mana yah ?
daerah serang timur ada ngga ?

Unknown mengatakan...

Inget ya..
Kalian belum tau siapa yang punya pulau tersebut.. bukan org yg sama...
Ada kisah sedih dan tragis di balik semua itu...
Dan knp pulau oar tak berpenghuni..
Karna crhis dan tmn2 nya gk berani membangun karena takut di gugat sama yang punya pemilik asli nya.. dan sampai sekarang mereka mencari pemilik TUNGGAL pulau tersebut...
Hati2 kami selalu MENGAWASI SETIAP MEDSOS tentang pulau tersebut..
Ingat 1 hal..
Ada MISTERY yang belum terungkap di mata umum tentang pulau tersebut & ada KEPOLITIKAN. KEBIADABAN org yg pemilik sekarang. KEKEJAMAN.. KECURANGAN.. KEPALSUAN SURAT.. PENYUAPAN DI PENGADILAN...
KAMI SEBAGAI AHLI WARIS TUNGGAL TENTANG KEPEMILIKAN PULAU ITU..
TIDAK AKAN TINGGAL DIAM.. TINGGAL TUNGGU WAKTU NYA...
CAMKAN ITU..!!!
SUATU SA'AT KEBENARAN AKAN TERUNGKAP...